Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi 2024 (Semua Tipe)

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi
Sumber: mensxp.com

GegerTekno.comHP Xiaomi memang terkenal dengan fitur-fitur canggihnya yang bikin kita betah pakai seharian. Tapi, ada satu masalah yang sering bikin kesal: tanda headset yang terus muncul padahal headsetnya udah dicabut.

Masalah ini bisa terjadi di berbagai model Xiaomi, dan pasti bikin bete kalau kita lagi butuh speaker atau mic. Nah, artikel ini bakal bahas penyebab dan cara menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi dengan lengkap. Yuk, simak terus!

Penyebab Tanda Mode Headset di HP Xiaomi Tetap Aktif

Tanda headset yang bandel alias nggak mau hilang padahal headset udah dicopot bisa bikin kita garuk-garuk kepala. Biasanya, ini terjadi karena ada masalah di sistem atau perangkat kerasnya. Biar nggak makin penasaran, yuk kita kulik lebih dalam penyebabnya!

1. Sistem yang Error

Salah satu penyebab utamanya adalah sistem yang ngaco. Sistem operasi di HP kita bisa aja salah deteksi dan mikir kalau headset masih terpasang, padahal nggak. Ini sering terjadi kalau HP sering dapet update sistem audio atau hardware.

Jadi, meskipun headset udah dicabut, sistemnya masih nganggap ada perangkat yang terhubung.

Baca juga: HP Xiaomi Terbaru

2. Port Audio Kotor

Seiring waktu, port audio di HP bisa aja kotor karena debu atau kelembaban. Kotoran yang numpuk di dalam port bisa bikin sensor jadi salah deteksi. Akibatnya, sistem ngira kalau headset masih terpasang, padahal sebenarnya nggak. Jadi, penting banget buat rutin bersihin port audio kita.

3. Komponen Audio yang Rusak

Kalau masalahnya lebih serius, bisa jadi ada komponen audio yang rusak di dalam HP. Misalnya, IC audio yang rusak bisa bikin tanda headset terus muncul meski nggak ada perangkat audio yang terhubung.

Kerusakan ini bisa disebabkan oleh penggunaan headset atau speaker yang nggak sesuai spesifikasi, atau karena kerusakan fisik lainnya.

Baca juga: Xiaomi Harga 1 Jutaan Terbaik

Cara Menghilangkan Tanda Mode Headset di HP Xiaomi

Setelah tahu penyebabnya, sekarang saatnya kita bahas cara ngatasinnya. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba, mulai dari yang simpel sampai yang agak ribet. Yuk, kita mulai!

1. Restart HP

Ilustrasi Restart HP
Sumber: shopping.tribunnews.com

Langkah pertama yang bisa kamu coba adalah restart HP. Caranya gampang, matikan HP kamu, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan lagi. Proses ini bisa bikin sistem operasi jadi fresh lagi dan siapa tahu tanda headsetnya hilang.

Baca juga: Xiaomi Harga 2 Jutaan Terbaik

2. Cek Pengaturan Audio

Tampilan menu Sound & vibration di HP Xiaomi
Sumber: gadgetren.com

Kalau restart nggak berhasil, coba deh cek pengaturan audio di HP kamu. Masuk ke menu Settings, pilih Sound & vibration, terus buka Sound effects. Pastikan nggak ada pengaturan yang bikin mode headset aktif terus. Kamu juga bisa coba pasang dan lepas headset beberapa kali buat ngecek apakah tanda headsetnya bisa hilang.

3. Membersihkan Port Audio

Membersihkan Port Audio
Sumber: radarbanyumas.disway.id

Port audio yang kotor bisa jadi biang kerok tanda headset yang nggak hilang. Bersihin port audio dengan cotton bud yang dikasih sedikit minyak kayu putih atau alkohol isopropil. Hati-hati ya, jangan sampai merusak komponen di dalamnya. Pastikan HP kamu dimatikan dulu sebelum dibersihin.

Baca juga: Cara Sharing Printer di Windows 10

4. Update Sistem Operasi

Update Sistem Operasi
Sumber: inside-digital.de

Seringkali masalah ini bisa diatasi dengan update sistem operasi. Pengembang software terus melakukan perbaikan dan peningkatan sistem yang mungkin bisa menyelesaikan masalah ini. Cek apakah ada update yang tersedia dengan masuk ke menu Settings, pilih About phone, dan klik Check for updates.

5. Lepas-Pasang Perangkat Suara

Cara klasik lainnya adalah dengan pasang-lepas headset secara berulang-ulang. Cara ini bisa bantu kalau masalahnya karena posisi pin tembaga di dalam port yang salah. Coba putar jack headset dengan lembut saat memasangnya buat bantu balikin pin ke posisi yang benar.

6. Mematikan Fitur Peningkatan Suara

Beberapa model HP Xiaomi punya fitur peningkatan suara yang bisa bikin masalah tanda headset ini muncul. Kamu bisa matiin fitur ini dengan masuk ke menu Settings, pilih Sound & vibration, terus buka Sound effects, dan matikan opsi Adjust sound to earphones.

7. Membawa ke Pusat Perbaikan

Kalau semua cara di atas nggak berhasil, mungkin ada kerusakan di komponen hardware HP kamu. Langkah terakhir yang bisa kamu lakuin adalah bawa HP ke service center resmi Xiaomi. Teknisi yang berpengalaman bisa ngecek dan benerin kerusakan yang ada.

Video Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Dengan mencoba langkah-langkah di atas, semoga kamu bisa menghilangkan masalah tanda headset yang bandel di HP Xiaomi kamu. Setiap langkah udah dijelaskan dengan rinci biar mudah diikuti. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu menyelesaikan masalah yang bikin pusing.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Artikel Terkait